APA SIH BEDANYA PENDEKATAN, MODEL, STRATEGI, METODE, TEKNIK, dan TAKTIK PEMBELAJARAN ITU???



Pada kesempatan ini, penulis akan membahas tentang perbedaan dari istilah pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan taktik pembelajaran.
Yuk kita mulai....

Pertama, kita mulai dari pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran adalah titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Menurut Roy Kellen, ada dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan pendekatan yang berpusat pada siswa.
Kedua, Model pembelajaran adalah acuan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan pola-pola pembelajaran tertentu secara sistematis. Model pembelajaran disusun berdasarkan berbagai prinsip-prinsip pembelajaran, teori-teori psikologis, sosiologis, analisis sistem, atau teori-teori lain yang mendukung.
Ketiga, Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi menunjukkan pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu. Dengan kata lain, strategi adalah a plan of operation achieving something.
Empat, Metode pembelajaran adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan pembelajaran, sehingga kompetensi dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Sehingga metode lebih kepada cara yang digunakan untuk melaksanakan strategi (a way in achieving something). Metode lebih bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Lima, Teknik pembelajaran adalah jalan, alat atau media yang digunakan guru untuk mengarahkan kegiatan siswa ke arah tujuan yang diinginkan. Teknik lebih bersifat implementatif, yaitu langsung dipraktikan dengan realitas pembelajaran di kelas.
 Yang terakhir....
Enam, Taktik pembelajaran adalah gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode pembelajaran tertentu. Taktik lebih bersifat individual.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran, dan taktik pembelajaran terletak pada lingkup maknanya.
 Sekian pembahasannya.... Semoga bermanfaat....

Sumber:

Prastowo, Andi, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) TEMATIK TERPADU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.

Subscribe to receive free email updates: