Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP K13 Kelas 1 (contoh)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 

Satuan Pendidikan           : MI Indonesia
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              : Satu/ I
Tema                                : Kegiatanku
Sub Tema                         : Kegiatan Malam Hari
Pembelajaran                    : 3
Alokasi Waktu                 : 2 x 25 menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
              KI 1 :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
              KI 2 :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
              KI 3 :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
              KI 4 :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator

3.7  Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)

3.7.1        Menunjukkan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.2        Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.

3.7  Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

4.7.1        Membaca dan menuliskan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari dengan benar.
4.7.2        Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
·           Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
·           Setelah mengidentifikasi siswa mampu mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.
·           Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat yang terkait dengan kegiatan malam hari dengan tepat.


D.    MATERI PEMBELAJARAN
·      Teks cerita berjudul “Siti Rajin Belajar”
E.     PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Metode            : Penugasan, diskusi, tanya jawab dan ceramah

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

·           Guru mengucapkan salam “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” dan mengajak semua siswa berdoa.
·           Guru mengkondisikan siswa dengan mengajak bernyanyi lagu “Tepuk Tangan”
·           Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kegiatanku” sub tema “Kegiatan Malam Harí”
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas bersama.
5 menit
Kegiatan Inti
A.     Ayo Membaca
·         Guru Memandu siswa membaca dengan nyaring wacana sederhana yang berhubungan dengan kegiatan malam hari, dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Guru meminta siswa membaca wacana tersebut secara bersama-sama. Kemudian guru meminta siswa membaca wacana tersebut  kembali secara berkelompok  (4 kelompok)
·         Siswa melafalkan setiap kata yang ada dalam wacana tersebut dengan bimbingan guru.
·         Guru memberikan penekanan pada beberapa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari sesuai bacaan dengan bantuan media gambar
·      Menyanyikan lagu garuda Pancasila, Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
B.       Ayo Berlatih
·           Untuk melihat pemahaman siswa, mereka diminta mengerjakan soal yang telah disiapkan oleh guru.
25 Menit
Penutup
·      Guru melakukan penilaian hasil belajar, siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait isi bacaan
·      Guru mengulas kembali materi yang sudah dipelajari
·      Siswa menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan guru.
·      Siswa melakukan refleksi diri setelah mengikuti proses pembelajaran
·      Guru bersama-sama siswa menyanyikan lagu daerah “Potong Bebek Angsa”
·      Guru mengajak semua siswa berdoa dengan membaca Alhamdulillah  dan mengucapkan salam  “Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” .
20 menit

G.    SUMBER, MEDIA/ ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Sumber :
·      Buku Pedoman Guru Tema :Kegiatanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
·      Buku Siswa Tema : Kegiatanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Media/ Alat Pembelajaran :
·           Print out materi pembelajaran
·           Print out soal
·           Buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017.
·           Gambar Al-Quran, Gambar buku pelajaran
Bahan Pembelajaran :
·           Cerita “Siti Rajin Belajar”
·           Lagu tentang “Garuda Pancasila”
·           Buku teks pelajaran/ buku siswa kurikulum 2013.
H.    PENILAIAN, PEMBELAJARAN
Tehnik Penilaian
1.      Jenis/ Teknik Penilaian:
·      Penilaian Sikap : Observasi
·      Penilaian Pengetahuan: Tes Tertulis
·      Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.      Bentuk Penilaian:
·      Penilaian Sikap: Skala penilaian
·      Penilaian Pengetahuan: Uraian
·      Penilaian Keterampilan: Skala Penilaian
3.      Instrumen Penilaian: (Terlampir)
4.      Pedoman Penskoran: (Terlampir)
Baca juga tulisan terkait RPP K13 Kelas 2 (contoh) atau tulisan menarik lainnya di irfan.my.id