Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP K13 Kelas 2 (contoh)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : MI Indonesia
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia, SBdP dan Matematika
Kelas / Semester              : Dua/ I
Tema                                : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema                         : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran                    : 1
Alokasi Waktu                 : 3 x 35 menit


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
              KI 1 :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
              KI 2 :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
              KI 3 :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
              KI 4 :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4 



Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.1        Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.2        Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks.
4.4
Menyajikan      penggunaan      kosakata     bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan  tentang  lingkungan  sehat  dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang berkaitan dengan lingkungan sehat .


Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
 3.4



 
Memahami gerak keseharian dalam tari.
3.4.1        Mengetahui tentang gerakan tari menyapu lantai
 4.2 



Meragakan gerak keseharian dalam tari.

3.4.1        Melakukan gerakan tari menyapu lantai

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.10

Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
3.10.1    Mengidentifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
 4.10
Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
4.10.2 Mengkategorikan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2.      Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5.      Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
6.      Melalui instruksi guru, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
7.      Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan ejaan yang tepat.
8.      Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9.      Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
10.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
11.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
12.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.
13.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan secara tepat.
14.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) secara tepat.
15.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki dengan hitungan secara tepat.
16.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan secara tepat.
17.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala dengan iringan secara tepat.
18.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
19.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki dengan iringan secara tepat.
20.  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan iringan secara tepat.
21.  Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
22.  Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat mengelompokkan  bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kosakata bahasa daerah.
2.      Menirukan gerakan tari menyapu lantai dengan hitungan.
3.      koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki.
4.      Penjelasan dan soal soal tentang sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar.

E.     PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Example Non Example
Metode            : Penugasan, pengamatan, diskusi, tanya jawab dan ceramah
F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

·           Guru mengucapkan salam “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” dan mengajak semua siswa berdoa.
·           Guru mengkondisikan siswa dengan mengajak bernyanyi lagu “Tepuk Tangan”
·           Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat” sub tema “Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah”
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas bersama.
10 menit
Kegiatan Inti
A.     Ayo Mengamati
·         Guru Bersama-sama dengan siswa membaca teks percakapan yang berkaitan dengan hidup bersih dan sehat di kelas.
·         Guru meminta salah satu siswa membaca teks percakapan yang berkaitan dengan hidup bersih dan sehat di kelas, kemudia siswa yang lain mendengarkan.
·         Guru memberikan penguatan terhadap materi yang terkait dengan teks percakapan dengan bantuan gambar alat-alat kebersihan.

B.     Ayo Berlatih
·           Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks percakapan.
·         Guru mengoreksi kebenaran jawaban yang telah dibuat siswa
·         Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa yang terkait dengan teks percakapan.
·         Siswa melafalkan setiap kata yang ada dalam wacana tersebut dengan bimbingan guru.

C.    Ayo Berdiskusi
·           Siswa mendiskusikan makna kata yang terdapat dalam tabel, yaitu kata kemoceng, kain pel, dan vas.
·           Untuk menguji hasil diskusi siswa, mereka diberikan soal menjodohkan tentang kata dengan makna yang sesuai.
·           Mengoreksi kebanaran hasil kerja siswa dan memberikan penguatan.

D.    Ayo Membaca
·           Siswa membaca teks “Kelasku Bersih, Aku Bangga!”.
·           Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya “Apa isi teks yang kamu baca?” dan “Sikap apa yang dapat kita teladani dari teks yang telah kita baca tadi?”.

E.     Ayo Mengamati
·           Siswa diarahkan untuk mengamati ciri ruang kelas yang bersih dan sehat.
·           Bertanya jawab tentang isi gambar dan menghubungkannya dengan ciri ruang kelas yang sehat.
·           Guru memberikan penguatan dengan menagajak siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kelas.

F.     Ayo Menulis
·           Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana di kertas yang disiapkan oleh guru.
·           Ketika menulis laporan, siswa dibimbing penggunaan ejaan dengan benar.
·           Siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·           Guru mengkondisikan siswa dengan mengajak bernyanyi lagu “Tepuk Hebat”

G.    Ayo Mengamati
·           Siswa mengamati gambar tentang gerakan tari menyapu lantai.
·           Bertanya jawab tentang isi gambar.
·           Guru mencontohkan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari.

H.    Ayo Mencoba
·           Guru meminta siswa mencoba menirukan gerakan tari menyapu lantai dengan hitungan.

I.       Ayo Mengamati
·           Menghubungkan dengan pembelajaran matematika, siswa diarahkan untuk mengamati bangun datar yang ada pada permukaan dinding alat musik ritmis gendang dan tifa di perjelas dengan media gambar segitiga dan segi empat.
·           Guru membimbing siswa tentang sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar hingga benar-benar paham.
·           Bertanya jawab tentang sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar.
·           Untuk meningkatkan pemahaman, siswa diajak mengelompokkan bangun datar sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut melalui media gambar.

J.      Ayo Berlatih
·           Setelah siswa paham dengan konsep sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar, siswa mengerjakan soal-soal evaluasi
·           Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
·           Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
·           Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.

75 Menit
Penutup
·      Guru mengulas kembali materi yang sudah dipelajari
·      Siswa menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan guru.
·      Siswa melakukan refleksi diri setelah mengikuti proses pembelajaran
·      Guru bersama-sama siswa menyanyikan lagu daerah “Potong Bebek Angsa”
·      Guru mengajak semua siswa berdoa dengan membaca Alhamdulillah  dan mengucapkan salam  “Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” .
20 menit

G.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber :
·      Buku Pedoman Guru Tema : “Hidup Bersih dan Sehat” Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
·      Buku Siswa Tema : “Hidup Bersih dan Sehat” Kelas 2  (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Media/ Alat Pembelajaran :
·           Print out soal
·           Buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017.
·           Gambar Kemoceng, Vas bunga, dan Kain pel.
·           Kemoceng, Vas bunga, dan Kain pel.
·           Kertas origami
·           Wadah air mineral
·           Potongan Bangun datar
H.    PENILAIAN, PEMBELAJARAN
Tehnik Penilaian
1.      Jenis/ Teknik Penilaian:
·      Penilaian Sikap : Observasi
·      Penilaian Pengetahuan: Tes Tertulis
·      Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.      Bentuk Penilaian:
·      Penilaian Sikap: Skala penilaian
·      Penilaian Pengetahuan: Uraian
·      Penilaian Keterampilan: Skala Penilaian
3.      Instrumen Penilaian: (Terlampir)
4.      Pedoman Penskoran: (Terlampir)


Baca juga tulisan terkait RPP Penjas Kelas 3 MI/SD (contoh) atau tulisan menarik lainnya di irfan.my.id