RPP K13 Kelas 4 (contoh)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 

Satuan Pendidikan           : MI Indonesia
Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester              : 4/ I
Tema                                : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema                         : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan  Rumahku
Pembelajaran                    : 1
Alokasi Waktu                 : 3 x 35 menit


A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
KI 3 :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Ilmu Pengetahuan Sosial

Kompetensi
Indikator

3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

3.1.1        Mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1.1        Menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat.


C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
·           Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
·           Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.
D.      MATERI PEMBELAJARAN
·           Karakteristik Dataran Tinggi, Dataran Rendah, dan Pantai.
·           Pemanfaatan Sumber Daya Alam
E.            PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Example non Example
Metode            : Penugasan, diskusi, tanya jawab dan ceramah
F.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

·           Guru mengucapkan salam “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” dan mengajak semua siswa berdoa dengan membaca basmalah
·           Guru mengkondisikan siswa dengan mengajak melakukan kegiatan mengambil nafas
·           Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” sub tema “Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku”
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas bersama.
·           Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan
10 menit
Kegiatan Inti
A.     Ayo Berlatih
·         Guru Memandu siswa untuk mengamati informasi tentang tiga bentang alam Indonesia, yaitu: pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah di bantu dengan media gambar.
·         Guru meminta siswa membaca teks karakteristik pantai, dataran tinggi dan dataran rendah.
·         Dengan media ikan, kelapa dan garam, siswa ditanya tentang kenampakan alam tempat tanaman tersebut tumbuh, disertai dengan gambar sebagai penguatan.
·         Dengan media kopi dan teh, siswa ditanya tentang kenampakan alam tempat tanaman tersebut tumbuh, disertai dengan gambar sebagai penguatan.
·         Dengan media singkong dan jagung, siswa ditanya tentang kenampakan alam tempat tanaman tersebut tumbuh, disertai dengan gambar sebagai penguatan.
·         Guru menanyakan definisi dan ciri-ciri masing-masing kenampakan alam.
·         Dengan media gambar dari tiga karakteristik tiga bentang alam, siswa ditanya tentang  sumber daya alam, pemanfaatan dan mata pencahariannya.
·         Guru memberikan penekanan kembali terhadap materi yang telah disampaikan.
·         Siswa diminta mengidentifikasi masing-masing kenampakan alam dan dituliskan pada selembar tabel.
·         Siswa diminta untuk menyampaikan hasil pekerjaan didepan kelas.
·         Guru memberikan reward kepada siswa yang berani maju ke depan kelas.
·      Menyanyikan lagu garuda Pancasila, Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
·         Siswa diminta untuk berdiskusi memecahkan masalah Sesuai gambar yang disiapkan guru tentang pemanfaatan lingkungan secara baik dan benar (bijak).
80 Menit
Penutup
·      Guru melakukan penilaian hasil belajar, siswa diminta mengisi angket sikap (sikap peduli dan tanggung jawab terhadap sumber daya alam).
·      Guru mengulas kembali materi yang sudah dipelajari
·      Siswa menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan guru.
·      Siswa melakukan refleksi diri setelah mengikuti proses pembelajaran
·      Guru mengajak semua siswa berdoa dengan membaca Alhamdulillah  dan mengucapkan salam  “Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” .
20 menit

G.      SUMBER, MEDIA/ ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Sumber :
·      Buku Pedoman Guru Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·      Buku Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk HidupKelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
Media/ Alat Pembelajaran :
1.    Media
      Foto kenampakan alam.
      Sumber daya alam dataran rendah.
      Sumber daya alam dataran tinggi.
      Sumber daya alam pantai.

2.    Alat dan bahan :
      Foto bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
      Padi, Jagung, Singkong (dataran rendah)
      Ikan dan Garam (pantai)
      Brokoli, kentang, Kubis (dataran tinggi)
      Print out soal

Bahan Pembelajaran :
·      Teks Karakteristik tiga bentang alam Indonesia
-       Pantai
-       Dataran tinggi
-       Dataran rendah
        Gambar Pemanfaatan Lingkungan
H.      PENILAIAN, PEMBELAJARAN
Tehnik Penilaian
1.       Jenis/ Teknik Penilaian:
·      Penilaian Sikap : Penilaian Diri
·      Penilaian Pengetahuan: Unjuk Kerja
·      Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.      Bentuk Penilaian:
·      Penilaian Sikap: Catatan Anekdot
·      Penilaian Pengetahuan: Penilaian Skala
·      Penilaian Keterampilan: Skala
3.      Instrumen Penilaian: (Terlampir)
4.      Pedoman Penskoran: (Terlampir)


Baca juga tulisan terkait RPP KTSP Kelas 6 (contoh) atau tulisan menarik lainnya di irfanrhid.id

Subscribe to receive free email updates: