RPP K13 Kelas 6 Menggunakan Pendekatan Saintifik (contoh)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 

Satuan Pendidikan           : MI Indonesia
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia dan IPS
Kelas / Semester              : Enam/ II
Tema                                : Kepemimpinan
Sub Tema                         : Kepemimpinan di Sekitarku
Pembelajaran                    : 1
Alokasi Waktu                 : 1 x 10 Menit


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
              KI 1 :   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
              KI 2 :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
              KI 3 :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
              KI 4 :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.3     Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahsa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3     Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:

Kognitif:
3.3.1   Menceritakan isi teks pidato persuasif seorang pemimpin lembaga politik dan mengomunikasikannya secara lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku(C2).
IPS
Kompetensi Dasar:
3.4         Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi, dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia
4.1         Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi, dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk  media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya).
Indikator:
Psikomotorik:
4.4.1        Mengomunikasikan manfaat lembaga politik dan social bagi masyarakat melalui program budaya dan kesehatan dalam bentuk tulisan (P2).

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
·           Setelah membaca teks pidato persuasif, siswa mampu menceritakan isi teks pidato dengan runtut.
·           Setelah berdiskusi tentang keberadaan lembaga politik dan sosial, siswa mampu mengomunikasikan pengaruh positif program dan kegiatan lembaga bagi masyarakat dengan percaya diri.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
·      Teks Pidato Persuasif
·      Manfaat lembaga politik dan sosial bagi masyarakat
E.     PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan     : Saintifik
Strategi            : Pembelajaran Tematik
Metode            : Penugasan, diskusi kelompok dan tanya jawab

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Aktivitas
Alokasi Waktu
Guru
Siswa

Pendahuluan
Salam, berdoa dan absensi, serta ice breaking
2 Menit
1.    Apersepsi:
Ø Menanyakan pembelajaran sebelumnya.
Ø Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan”.

Ø Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan di bahas bersama.
1.    Apersepsi:
Ø Menjawab pertanyaan yang diajukan guru.

Ø Mengetahui tema yang akan diajarkan.


Ø Mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan di bahas bersama.
2.    Menjelaskan tujuan pembelajaran.
2.    Mengetahui apa yang menjadi tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
Ø Membagi kelas menjadi 2 kelompok .
Ø Para siswa bekerja dalam kelompok.
6 menit
A.  Bahasa Indonesia
1.      Membagikan  Teks Pidato Persuasif.

1.    Menerima Teks Pidato Persuasif.
Mengamati (Observing)
Mengamati (Observing)
2.    Meminta mengamati Teks Pidato Persuasif yang terdapat dalam cerita “Bapak Budaya”.
2.    Mengamati Teks Pidato Persuasif yang terdapat dalam cerita “Bapak Budaya”.
Menanya (Questioning)
Menanya (Questioning)
3.    Menanyakan tentang apa itu pidato.
3.    Menjawab pertanyaan guru berdasarkan konsep yang diketahui.
Mengumpulkan Data (Exploring)
Mengumpulkan Data (Exploring)
4.    Memberikan soal untuk masing-masing kelompok.
4.    Setiap kelompok menerima soal.
5.    Meminta masing-masing kelompok mengerjakan soal yang dibagikan
5.    Mengerjakan soal.
Mengasosiasi (Assosiating)
Mengasosiasi (Assosiating)
6.    Meminta masing-masing kelompok mendiskusikan isi dari pidato yang terdapat dalam cerita “Bapak Budaya”

6.    Mendiskusikan isi pidato yang terdapat dalam cerita “Bapak Budaya”.
7.    Mengamati dan bertindak sebagai fasilitator dalam diskusi masing-masing kelompok.
7.    Mendiskusikan masalah dengan kelompok.
8.    Meminta masing-masing kelompok menyimpulkan data  hasil diskusi kelompok untuk memperoleh kesimpulan.
8.   Menyimpulkan data  hasil diskusi kelompok untuk memperoleh kesimpulan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
Mengkomunikasikan (Communicating)
9.    Meminta setiap perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
9.   Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

Kegiatan Inti
B.  IPS
Ø Menunjukkan Contoh gambar Kantor Sekolah dan lain-lain.

Ø Memperhatikan penjelasan guru.
Mengamati (Observing)
Mengamati (Observing)
1.    Meminta mengamati contoh gambar kantor seperti Sekolah dan lain-lain.
1.    Mengamati contoh gambar kantor seperti Sekolah dan lain-lain.
Menanya (Questioning)
Menanya (Questioning)
2.    Menanyakan  pengetahuan siswa tentang pemimpin yang berada di tempat-tempat tersebut.

2.    Menjawab pertanyaan guru berdasarkan konsep yang diketahui.

Mengumpulkan Data (Exploring)
Mengumpulkan Data (Exploring)
3.    Memberikan lembar kerja untuk masing-masing kelompok.
3.    Setiap kelompok menerima lembar kerja.
4.    Meminta masing-masing kelompok menuliskan pendapat kelompok tentang apa yang harus dilakukan oleh pemimpin (Lurah)  agar tempat tersebut bermanfaat bagi masyarakat.
4.    Menuliskan pendapat kelompok tentang apa yang harus dilakukan oleh pemimpin (Lurah) agar tempat tersebut bermanfaat bagi masyarakat.”.
Mengasosiasi (Assosiating)
Mengasosiasi (Assosiating)
5.    Mengamati dan bertindak sebagai fasilitator dalam pengerjaan tugas di masing-masing kelompok.
5.    Mengerjakan tugas  bersama kelompok.
Mengkomunikasikan (Communicating)
Mengkomunikasikan (Communicating)
6.    Meminta siswa untuk menunjukkan hasil pekerjaan kelompoknya.
6.   Setiap kelompok menunjukkan pekerjaan kelompoknya.
7.    Menegaskan ide dari siswa.
7.   Memahami apa yang dilakukan selama melaksanakan pengamatan.
Penutup
1.    Bersama siswa membuat rangkuman pembelajaran.

2.    Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
1.    Merangkum hasil belajar.


2.    Menjawab pertanyaan guru tentang materi yang telah dipelajari.
2      Menit
3      Meminta siswa mengerjakan soal.
3.    Mengerjakan soal.
3.    Memberikan arahan tentang kegiatan tindak lanjut pertemuan yang akan datang.
4.    Mendengarkan arahan kegiatan tindak lanjut pertemuan yang akan datang.
Menutup pembelajaran, berdoa dan salam

G.    SUMBER, MEDIA/ ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Sumber :
Buku:
·      Buku Pedoman Guru Tema :Kepemimpinan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
·      Buku Siswa Tema  : Kepemimpinan Kelas 6  (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
Internet:
·      www.google.com

Media/ Alat Pembelajaran :
·           Gambar kantor seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Sekolah, Kantor Kelurahan
·           Buku siswa kurikulum 2013.
·           Power Point.
·           HVS.
Bahan Pembelajaran :
·           Teks Pidato Persuasif.
·           Manfaat lembaga politik dan sosial bagi masyarakat.
·           Buku teks pelajaran/ buku siswa kurikulum 2013.
H.    PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Tehnik Penilaian
1.      Jenis/ Teknik Penilaian:
·      Penilaian Sikap : Observasi
·      Penilaian Pengetahuan: Tes Tertulis
·      Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.      Bentuk Penilaian:
·      Penilaian Sikap: Check List
·      Penilaian Pengetahuan: Uraian
·      Penilaian Keterampilan: Skala Penilaian
3.      Instrumen Penilaian: (Terlampir)
4.      Pedoman Penskoran: (Terlampir)


Baca juga tulisan terkait RPP K13 Kelas 3 dengan Menggunakan Pendekatan saintifik (contoh)  atau tulisan menarik lainnya di irfanrhid.id

Subscribe to receive free email updates: