RPP KTSP Kelas 6 (contoh)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Indonesia
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok : Energi dan
Perubahannya
Waktu :
2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi :
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan
perpindahan energi
B. Kompetensi
Dasar :
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi
listrik
C.
Indikator
:
7.2.1 Mendeskripsikan rangkaian listrik sederhana.
7.2.2 Mendeskripsikan rangkaian listrik terbuka dan tertutup.
7.2.3 Mendeskripsikan rangkaian listrik seri dan paralel.
7.2.4 Menyusun rangkaian listrik seri.
7.2.5 Menyusun rangkaian listrik paralel.
D. Tujuan
Pembelajaran :
1. Siswa
dapat mendeskripsikan penegrtian
rangkaian listrik sederhana.
2. Siswa
dapat merakit rangkaian listrik terbuka dan tertutup.
3. Siswa
dapat merakit rangkaian seri dan paralel.
4. Siswa
dapat menjelaskan perbedaan rangkaian seri dan
rangkaian paralel.
E.
PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Small Group
Metode :
Penugasan, diskusi kelompok, demontrasi, tanya jawab dan ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan salam “Assalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh” dan mengajak semua siswa berdoa dengan membaca basmalah.
·
Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Rangkaian Listrik”.
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas bersama.
·
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
A.
Eksporasi
·
Guru Memandu
siswa untuk mengamati informasi tentang materi “Rangkaian Listrik” di perkuat
dengan media gambar.
·
Guru
membagikan ringkasan materi “Rangkaian Listrik” kepada siswa.
·
Guru menjelaskan
tentang rangkaian lisrtik sederhana. di perkuat dengan media gambar.
·
Guru
menjelaskan tentang rangkaian listrik seri dan paralel di perkuat dengan
media gambar.
·
Sebelum
melakukan kegiatan percobaan, siswa di bagi menjadi 5 kelompok dengan urutan
nomor absen yang terdiri dari:
Kelompok 1 : 6 siswa
Kelompok 2 : 5 siswa
Kelompok 3 : 6 siswa
Kelompok 4 : 5 siswa
Kelompok 5 : 6 siswa
· Kemudian dipilih seorang ketua dari masing-masing
kelompok sebagai penanggung jawab kelompoknya.
· Guru menjelaskan aturan kegiatan percobaan secara
umum.
· Pada sesi 1 setiap kelompok melakukan kegiatan
percobaan merangkai rangkaian terbuka, rangkaian tertutup, rangkaian seri dan
rangkaian paralel. Kemudain menjawab pertanyaan yang terdapat dalam lembar
kerja.
· Pada sesi 2 setiap kelompok melakukan kegiatan percobaan
menulis ringkasan dalam bentuk Mind Map. Ringkasan yang dibuat terkait
dengan materi yang telah dipelajari Bersama saat proses pembelajaran. Dengan
judul “Rangkaian Listrik”.
B. Elaborasi
· Guru membagikan alat, bahan, lembar kerja, kertas
plano dan spidol pada tiap kelompok.
·
Kegiatan
percobaan ini dibagi menjadi dua sesi, yang pertama sesi percobaan rangkaian
dan yang kedua sesi kegiatan menulis ringkasan dalam bentuk Mind Map.
· Kelompok 1, 2, dan 3 melakukan kegiatan sesi 1
terlebh dahulu, baru kemudian sesi 2.
· Kelompok 4 dan 5 melakukan kegiatan sesi 2 terlebih
dahulu, baru kemudian sesi 1.
· Setiap kelompok mengerjakan percobaan sesuai dengan
aturan yang telah disiapkan sebelumnya, dengan waktu masing-masing sesi
adalah 10 menit
·
Setelah semua
kelompok selesai melakukan kegiatan percobaan, kemudian tiap ketua kelompok
mengumpulkan hasi pekerjaannya pada guru.
C. Konfirmasi
·
Guru bersama-sama
dengan siswa mengulas kembali materi yang sudah dipelajari.
·
Guru memberikan “Ice
Breaking” siswa dengan mengajak melakukan kegiatan mengambil nafas
|
40 Menit
|
Penutup
|
·
Guru melakukan
penilaian hasil belajar, siswa diminta menjawab soal yang telah disiapkan.
·
Waktu siswa
mengerjakan soal selama (15 menit)
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi mana yang
belum di mengerti
·
Siswa menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan guru.
·
Siswa melakukan
refleksi diri setelah mengikuti proses pembelajaran
·
Guru mengajak semua
siswa berdoa dengan membaca Alhamdulillah
dan mengucapkan salam
“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”.
|
20 menit
|
G. SUMBER, MEDIA/ ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Sumber
:
· Buku KTSP “Sains Untuk SD/MI Kelas VI
· http://aagiems.blogspot.co.id/2015/02/rangkaian-listrik.html
Media/ Alat Pembelajaran :
1. Media
• Gambar rangkaian terbuka
dan tertutup
• Gambar rangkaian seri dan paralel
• Ringkasan materi 1 lembar
2.
Alat dan bahan :
• Lampu 6 buah
• Kabel 12 (dengan ukuran 50
cm)
• Baterai 6 buah
Bahan Pembelajaran :
1. Rangkaian
Listrik
a. Rangkaian
Listrik Sederhana
b.
Rangkaian Listrik Seri Dan Paralel
H. PENILAIAN
Tehnik Penilaian
1.
Jenis/ Teknik
Penilaian:
·
Penilaian Sikap : Observasi
·
Penilaian
Pengetahuan: Tes tertulis
·
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.
Bentuk Penilaian:
·
Penilaian Sikap: Skala penilaian
·
Penilaian
Pengetahuan: Soal uraian
·
Penilaian Keterampilan: Skala
3. Instrumen Penilaian: (Terlampir)
4. Pedoman Penskoran: (Terlampir)
Baca juga tulisan terkait RPP K13 Kelas 6 Menggunakan Pendekatan Saintifik (contoh) atau tulisan menarik lainnya di irfanrhid.id