RPP KTSP Kelas 6 (contoh)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) 

Sekolah                         :   MI Indonesia
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 1
Materi Pokok              :   Energi dan Perubahannya
Waktu                          :   2 x 35 menit


A.    Standar Kompetensi :
 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi

B.     Kompetensi Dasar :
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik

C.    Indikator :
7.2.1 Mendeskripsikan rangkaian listrik sederhana.
7.2.2 Mendeskripsikan rangkaian listrik terbuka dan tertutup.
7.2.3 Mendeskripsikan rangkaian listrik seri dan paralel.
7.2.4 Menyusun rangkaian listrik seri.
7.2.5 Menyusun rangkaian listrik paralel.

D.    Tujuan Pembelajaran :

1.    Siswa dapat mendeskripsikan penegrtian rangkaian listrik sederhana.
2.     Siswa dapat merakit rangkaian listrik terbuka dan tertutup.
3.     Siswa dapat merakit rangkaian seri dan paralel.
4.     Siswa dapat menjelaskan perbedaan rangkaian seri dan rangkaian paralel.
E.     PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Small Group
Metode            : Penugasan, diskusi kelompok, demontrasi, tanya jawab dan ceramah
F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

·           Guru mengucapkan salam “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” dan mengajak semua siswa berdoa dengan membaca basmalah.
·           Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Rangkaian Listrik”.
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas bersama.
·           Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan Inti
A.     Eksporasi
·         Guru Memandu siswa untuk mengamati informasi tentang materi “Rangkaian Listrik” di perkuat dengan media gambar.
·         Guru membagikan ringkasan materi “Rangkaian Listrik” kepada siswa.
·         Guru menjelaskan tentang rangkaian lisrtik sederhana. di perkuat dengan media gambar.
·         Guru menjelaskan tentang rangkaian listrik seri dan paralel di perkuat dengan media gambar.
·         Sebelum melakukan kegiatan percobaan, siswa di bagi menjadi 5 kelompok dengan urutan nomor absen yang terdiri dari:
Kelompok 1 : 6 siswa
Kelompok 2 : 5 siswa
Kelompok 3 : 6 siswa
Kelompok 4 : 5 siswa
Kelompok 5 : 6 siswa
·      Kemudian dipilih seorang ketua dari masing-masing kelompok sebagai penanggung jawab kelompoknya.
·      Guru menjelaskan aturan kegiatan percobaan secara umum.
·      Pada sesi 1 setiap kelompok melakukan kegiatan percobaan merangkai rangkaian terbuka, rangkaian tertutup, rangkaian seri dan rangkaian paralel. Kemudain menjawab pertanyaan yang terdapat dalam lembar kerja.
·      Pada sesi 2 setiap kelompok melakukan kegiatan percobaan menulis ringkasan dalam bentuk Mind Map. Ringkasan yang dibuat terkait dengan materi yang telah dipelajari Bersama saat proses pembelajaran. Dengan judul “Rangkaian Listrik”.
B.       Elaborasi
·      Guru membagikan alat, bahan, lembar kerja, kertas plano dan spidol pada tiap kelompok.
·      Kegiatan percobaan ini dibagi menjadi dua sesi, yang pertama sesi percobaan rangkaian dan yang kedua sesi kegiatan menulis ringkasan dalam bentuk Mind Map.
·      Kelompok 1, 2, dan 3 melakukan kegiatan sesi 1 terlebh dahulu, baru kemudian sesi 2.
·      Kelompok 4 dan 5 melakukan kegiatan sesi 2 terlebih dahulu, baru kemudian sesi 1.
·      Setiap kelompok mengerjakan percobaan sesuai dengan aturan yang telah disiapkan sebelumnya, dengan waktu masing-masing sesi adalah 10 menit
·      Setelah semua kelompok selesai melakukan kegiatan percobaan, kemudian tiap ketua kelompok mengumpulkan hasi pekerjaannya pada guru.
C.      Konfirmasi
·      Guru bersama-sama dengan siswa mengulas kembali materi yang sudah dipelajari.
·      Guru memberikan “Ice Breaking” siswa dengan mengajak melakukan kegiatan mengambil nafas
40 Menit
Penutup
·      Guru melakukan penilaian hasil belajar, siswa diminta menjawab soal yang telah disiapkan.
·      Waktu siswa mengerjakan soal selama (15 menit)
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi mana yang belum di mengerti
·      Siswa menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan guru.
·      Siswa melakukan refleksi diri setelah mengikuti proses pembelajaran
·      Guru mengajak semua siswa berdoa dengan membaca Alhamdulillah  dan mengucapkan salam  “Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”.
20 menit

G.    SUMBER, MEDIA/ ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Sumber :
·      Buku KTSP “Sains Untuk SD/MI Kelas VI
·      http://aagiems.blogspot.co.id/2015/02/rangkaian-listrik.html
Media/ Alat Pembelajaran :
1.    Media
      Gambar rangkaian terbuka dan tertutup
      Gambar rangkaian seri dan paralel
      Ringkasan materi 1 lembar

2.    Alat dan bahan :
      Lampu 6 buah
      Kabel 12 (dengan ukuran 50 cm)
      Baterai 6 buah
Bahan Pembelajaran :
1.    Rangkaian Listrik
a.       Rangkaian Listrik Sederhana
b.      Rangkaian Listrik Seri Dan Paralel

H.    PENILAIAN
Tehnik Penilaian
1.       Jenis/ Teknik Penilaian:
·      Penilaian Sikap : Observasi
·      Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
·      Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2.      Bentuk Penilaian:
·      Penilaian Sikap: Skala penilaian
·      Penilaian Pengetahuan: Soal uraian
·      Penilaian Keterampilan: Skala
3.      Instrumen Penilaian: (Terlampir)
4.      Pedoman Penskoran: (Terlampir)


Baca juga tulisan terkait RPP K13 Kelas 6 Menggunakan Pendekatan Saintifik (contoh) atau tulisan menarik lainnya di irfanrhid.id

Subscribe to receive free email updates: