Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Penjas Kelas 3 MI/SD (contoh)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 

Satuan Pendidikan           : MI Indonesia
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester              : Tiga / I
Perbelajaran BAB ke       : 7 (tujuh)
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi:  7.  Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan niai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar:  7. 1  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai displin, keselamatan dan kejujuran.

                 I.            Tujuan Pembelajaran**:
·      Siswa dapat dapat  melakukan aktifitas untuk meningkatkan kebugaran.
·      Siswa dapat melakukan latihan kelentukan.


v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


              II.            Materi Ajar (Materi Pokok):
·                                                     Latihan kelentukan dan kelenturan

          III.            Metode Pembelajaran:
·            Ceramah
·            Demonstrasi
·            Praktek

           IV.            Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

·           Guru mengucapkan salam “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” dan mengajak semua siswa berdoa.
·           Guru mengkondisikan siswa dengan mengajak siswa berbaris rapi menjadi empat barisan
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Senam Lantai dan Senam Ketangkasan Dasar”.
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai materi yang akan dibahas bersama.
·           Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti yaitu:
·           Lari keliling lapangan sebanyak 3 kali, sambil memungut sampah yang ada di sekitar lapangan.
·           Siswa berbaris, sambil melakukan gerakan pemanasan awal secara bersama-sama selama 8 hitungan dengan dibantu arahan dari guru. 
10 menit
Kegiatan Inti
A.     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat  melakukan aktifitas untuk meningkatkan kebugaran.
·         Siswa dapat melakukan latihan kelentukan.
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
B.     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan Perenggangan Dinamis.
·         Melakukan Perenggangan Statis.
·         Melakukan gerakan duduk selunjur dan mencium lutut berpasangan
·         Melakukan gerakan koordinasi gerak kaki
·         Melakukan permainan jalan kepiting
·         Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik kaki ke belakang
·         Melakukan permainan lompat tali
·         Dilanjutkan dengan permainan Sepak bola atau bola voli
C.     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
40 Menit
Penutup
·         Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru mengulas kembali materi yang telah dilakukan/diajarkan.
·      Siswa menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan guru.
·      Siswa melakukan refleksi diri setelah mengikuti proses pembelajaran.
·      Memperbaiki kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan.
·      Guru mengajak semua siswa berdoa dengan membaca Alhamdulillah  dan mengucapkan salam  “Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” .
20 menit

     V.            ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·           Buku BSE Gemar Berolahraga: Untuk kelas III SD dan MI/eko Harsono, Muh Marlin, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2010.
·           Diktat Senam.
·           Lapangan.
·           Pluit.
·           Tali.
 VI.            PENILAIAN, PEMBELAJARAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran.

Indikaror Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·         Melakukan gerakan duduk selunjur dan mencium lutut berpasangan
·         Melakukan gerakan koordinasi gerak kaki
·         Melakukan permainan jalan kepiting
·         Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik kaki ke belakang
Tes Keterampilan/
Perbuatan
Soal Praktek/
Format Penilaian
·         Peragakan gerakan duduk selunjur dan mencium lutut berpasangan
·         Peragakan gerakan koordinasi gerak kaki
·         Peragakan permainan jalan kepiting
·         Peragakan gerakan tidur terlentang dan menarik kaki ke belakang



Baca juga tulisan terkait RPP K13 Kelas 4 (contoh) atau tulisan menarik lainnya di irfan.my.id