Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2018/2019


Image by mohamed Hassan from Pixabay

Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. 


Kalender pendidikan ini disusun sebagai penjabaran dari keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 125/u/2002 tanggal 31 Juli 2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar Efekif di Sekolah/Madrasah, dan juga dengan mempertimbangkan karakteristik Provinsi Bali sebagai daerah yang sangat menjunjung tinggi adat, budaya dan agama.

Cuplikan isi dari Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, tentang kalender pendidikan bagi sekolah/madrasah di provinsi Bali tahun pelajaran 2018/2019.

Yang dimaksud dalam keputusan ini:
Sekolah/Madrasah adalah TK, TKLB, RA, SD, SDLB, SMP, SMPLB, MTs, SMA, SMALB, MA, SMK, dan MAK.

Perencanaan Pengaturan Kelas adalah:

  • Pengaturan kelas untuk keperluan administrasi Sekolah/Madrasah.
  • Pengaturan tempat duduk sesuai dengan jenis dan tingkat Sekolah/Madrasah dengan memperhatikan kemampuan dan keadaan fisik, jenis kelamin siswa tiap kelas, penempatan, denah Sekolah/Madrasah pada papan pengumuman dan kegiatan lain yang sejenis.
  • Pengaturan ruang kelas untuk memudahkan siswa dapat mengetahui ruang belajar masing-masing
Hari Efektif Sekolah adalah hari sekolah yang dipergunakan untuk kegiatan proses belajar mengajar sesuai dengan ketentuan kurikulum.

Hari Belajar Sekolah/Madrasah Efektif adalah hari belajar yang betul-betul dipergunakan untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan kurikulum.

Minggu Belajar Sekolah/Madrasah Efektif adalah masa belajar selama enam atau lima hari sekolah yang betul-betul dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan yang tidak boleh kurang dari jumlah jam pelajaran perminggu sesuai dengan ketentuan kurikulum.

Semester adalah sistem penyelenggaraan Pendidikan pada sekolah /madrasah yang membagi semester 1 (satu) dan semester 2 (dua).

Libur semester adalah libur yang diadakan pada akhir setiap semester I dan Semester II, masing-masing diatur sebagai berikut libur semester I, 14 (empat belas) hari kalender dan libur semester II, 15 (lima belas) hari kalender.

Libur khusus adalah libur yang diadakan sehubungan dengan peringatan keagamaan, keadaan musim, bencana alam atau libur lain diluar ketentuan tentang libur umum yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Libur Sekolah/Madrasah adalah hari libur sekolah/madrasah adalah hari yang ditetapkan untuk tidak diadakan proses pembelajaran di sekolah/madrasah yang terdiri atas hari libur semester, hari libur khusus hari libur umum, dan libur akhir semester.

Download Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2018/2019 (Disini

Baca juga tulisan terkait Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2018/2019 atau tulisan menarik lainnya di irfanrhid.id

Subscribe to receive free email updates: