Pengertian Buku Siswa Kurikulum 2013

Image by PublicDomainPictures from Pixabay

Pengertian Buku Siswa

Buku siswa adalah buku teks berbasis aktivitas yang disusun sebagai salah satu penunjang penerapan dalam kurikulum 2013 yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai SKL yang diterapkan. Buku siswa ini lebih sebagai buku aktivitas yang masih membutuhkan buku-buku penunjang seperti buku-buku KTSP, mengingat buku KTSP memang didesain sebagai buku teks yang sarat akan materi.  Semua buku tersebut tentunya difungsikan memperkaya wawasan dan keterampilan siswa. Guru dan siswa juga dapat menggunakan bahan-bahan belajar lainnya, seperti ensklopedia, buku terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan lain-lain.


Buku siswa edisi revisi 2017 ini tidak dilengkapi dengan lembar latihan. Hal ini dilalkkukan agar guru lebih memaksimalkan kegiatan dan latihan-latihan sepanjang kandungan buku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Guru dituntut mampu berkreasi sendiri membuat soal-soal latihan dan bahan-bahan penilaian yang diperlukan dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

Ciri-Ciri Buku Siswa
1.  Merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
2. Didesain penuh gambar dan warna untuk untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa dalam belajar.
3. Dilengkapi dengan penjelasan lebih terperinci tentang isi dan pengunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
4.  Kegiatan pembelajaran yang ada dalalm buku ini lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
5.  Buku siswa dalam tiap kelas memiliki jumlah tema yang berbeda-beda. Untuk kelas I sampai kelas III terdapat 8 tema, sedangkan untuk kelas IV sampai dengan kelas VI terdapat 9 tema.
6.  Struktur penulisn buku diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul berdaarkan pendekatan saintifik.
7.   Buku ini bersifat serba -mencakup (self conained) agar dapat digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah.
8. Buku ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari berbagai sumber.
9. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kkolom untuk orang tua dengan subjudul “Kegiatan Bersama Orang Tua”. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan oleh siswa bersama orangtua di rumah. Karena orang tua diharapkan terlibat aktif dalam proses belajar siswa sesuai pengalaman yang dimilikinya (untuk kelas I s/d kelas III).
10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini merupakan penilaian pada diri sendiri yang bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan (untuk kelas I s/d kelas III).
11.Disekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan guru, sekolah, dan lingkungan (untuk kelas IV s/d kelas VI).
12.Kegiatan-kegiatan dalam buku ini diharapkan bisa memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan kondisi dan kemampuan guru, sekolah, dan lingkungan (untuk kelas IV s/d kelas VI).
13.Pada beberapa bagian dalam buku ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya (untuk kelas IV s/d kelas VI).


Demikian kutipan tentang pengertian Buku Siswa, yang diambil dari Buku Siswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 dan 2018.


Subscribe to receive free email updates: