Perbedaan Isi dari Permendikbud No. 66 tahun 2013 dengan Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang “Standar Penilaian”



Kali ini saya kan sharing tentang Perbedaan Permendikbud No. 66 tahun 2013 dengan Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang “Standar Penilaian”. Kita ketahui sejak keluarnya Permendikbud No. 23 tahun 2016, maka peraturan sebelumnya yakni, Permendikbud No. 66 tahun 2013 tidak berlaku lagi. Oleh karena itu, saya mengajak pembaca sekalian untuk mengetahui perbedaannya secara "sedikit lebih mendalam" ... :D

No
Perihal
Permendikbud No.66
Tahun 2013
Permendikbud No. 23
Tahun 2016
1.
Pengetian Standar Penilaian Pendidikan
Kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.
Kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
 2.
Prinsip Penilaian
·         Objektif
·         Terpadu
·         Ekonomis
·         Transparan
·         Akuntabel
·         Edukatif
·         Sahih
·         Objektif
·         Adil
·         Terpadu
·         Terbuka
·         Menyeluruh dan berkesinambungan
·         Sistematis
·         Beracuan kriteria
·         Akuntabel
 3.
Ruang Lingkup Penilaian
Mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan
 4.
Mekanisme Penilaian
Penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan, Pemerintah, dan atau lembaga mandiri
Penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan oleh pendidik, satuan dan pendidikan, Pemerintah
 5.
Bentuk Penilaian
·         Penilaian Otentik, Penilaian projek, dan ulangan harian (pendidik)

·         Penilaian diri (peserta didik)

·         Ulangan tengah semester, ulangan akhir semester (pendidik koordinasi dengan satuan pendidikan)

·         Ujian tingkat kompetensi dan ujian sekolah (satuan pendidikan)

·         Ujian mutu tingkat kompetensi dan ujian nasional (pemerintah)
·         Ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan (pendidik)

·         Ujian sekolah/madrasah (satuan pendidikan)
·         Ujian nasional dan/atau bentuk lain yang diperlukan (pemerintah)

 6.
Instrumen Penilaian
·         Penilaian kompetensi sikap: daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa cacatan pendidik.

·         Penilaian kompetensi pengetahuan:
1.   Instrumen tes tulis (pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
2.   Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan
3.   Instrumen penugasan berupa PR dan/atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas.
·         Penilaian kompetensi keterampilan: daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik.
·         Tes, pengamatan, penugasan, perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik (pendidik).

·         Penilaian akhir dan/atau ujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan subtansi, konstruksi, dan bahasa serta memiliki bukti validitas empirik. (satuan pendidikan)

·         UN, persyaratan subtansi, konstruksi, dan bahasa serta memiliki bukti validitas empirik serta menghasilkan skor yang dapat diperbandingkan antarsekolah, antardaerah, dan antartahun. (pemerintah)


Nah, itu td perbedaanya. Jika ada yang kurang atau berlebihan, boleh banget dikoreksi di kolom komentar ya :)


Baca juga tulisan terkait Pengertian, Komponen dan Prinsip Penyusunan RPP Lengkap atau tulisan menarik lainnya di irfanrhid.id

Subscribe to receive free email updates: