Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Point-Point dalam BAB I Buku “Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu” karya Dr. Andi Prastowo, M.Pd.



Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu
Saat melihat daftar isi buku ini, saya menjadi terheran-heran karena begitu lengkapnya point-point yang akan dibahas berkaitan dengan pembelajaran tematik. Point-point yang akan dijelaskan ada 10 Bab yang terdri dari Konsep Dasar Pembelajaran Tematik, Landasan Filosofis Pembelajaran Tematik, Model-Model Pembelajaran Terpadu, Model Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Kurikulum 2013 MI/SD, Mata Pelajaran yang Diintegrasikan dalam Pembelajaran Tematik Terpadu, Media dan Sumber Belajar untuk Pembelajaran Tematik Terpadu, Perencanaan Pembelajaran Tematik Terpadu untuk MI/SD, Langkah-Langkah Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Terpadu, Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu, dan Praktik Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Micro-Teaching.

Buku ini sangat cocok untuk calon guru, guru MI/SD atau siapa aja deh  yang ingin mengetahui dan mendalami lebih mendetail tentang Pembelajaran Tematik Terpadu. Apalagi kamu yang sedang mengerjakan tugas akhirnya yang tema skripsinya berkaitan dengan Pembelajaran Tematik, Buku ini bisa menjadi sumber refrensi yang super duper lengkap.

Dalam BAB I buku ini, fokus menjelaskan tentang Konsep Dasar Pembelajaran Tematik, yang saya rangkum sebagai berikut : 
  
Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tematik merupakan salah satu model pembelajaran yang terintegrasi/terpadu yang didalamnya terdapat tema-tema yang berkaitan dengan dunia belajar anak (tematik). Sehingga bisa dikatakan pembelajaran tematik adalah salah satu jenis model pembelajaran terpadu, namun model pembelajaran terpadu belum tentu merupakan model tematik.
Model Pembelajaran Tematik
Model pembelajaran tematik adalah model pembelajaran yang berbasis tema, yang melibatkan siswa secara aktif, dan menyenangkan sehingga siswa mampu belajar untuk mengetahui,  belajar untuk melakukan, belajar untuk menjadi dan belajar untuk hidup bersama, sehingga pembelajaran menjadi sangat dekat dengan kehidupan nyata siswa yang dialaminya sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran Tematik
  1. Pemahaman konsep yang dipelajari menjadi lebih bermakna.
  2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengeolah, dan memanfaatkan informasi.
  3. Menumbuhkan sikap positif, kebiasaan dan nilai-nilai budi pekerti yang baik.
  4. Menumbuhkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi dan menghargai pendapat orang lain.
  5. Meningkatkan gairah dalam belajar dan memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
  6. Memusatkan perhatian siswa pada satu tema tertentu agar fokus.
  7. Agar guru dapat menghemat waktu karena, mapel disajikan dalam suatu tema dan tersusun secara runtut, sehingga disiapkan dan diajarkan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu lebih digunakan untuk pendalaman.



Kegunaan/Keuntungan Pembelejaran Tematik


Bagi Guru:
  1. Tersedianya waktu yang lebih banyak untuk pembelajaran.
  2. Hubungan antar mapel dan topik pembelejaran dapat dihubungkan secara logis dan alami.
  3. Belajar adalah kegiatan yang kontinu artinya berkelanjutan, sehingga guru bisa membantu siswa mengaitkan pembelajaran dengan berbagai aspek kehidupan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Guru bebas membantu siswa melihat suatu masalah atau topik dari berbagai sudut pandang, agar siswa bisa berpikir kritis dalam menghadapi suatu masalah atau topik dan terutama siswa menjadi berani mengutarakan pendapatnya terkait masalah atau topik tersebut.
  5. Pembelajaran yang menekankan pada kerja sama dan kolaborasi.

Bagi Siswa:
  1. Lebih terfokus pada proses belajar bukan hasil.
  2. Dengan pembelajaran berpusat pada siswa, mereka didorong untuk berani membuat keputusan dan bertanggung jawab pada keberhasilan belajarnya.
  3. Menyediakan pendekatan proses belajar integratif (bersifat pembauran sehingga menjadi satu kesatuan).
  4. Pemahaman terhadap suatu materi lebih mendalam dan berkesan.



Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tematik
 Banyak sekali kelebihan Pembelajaran Tematik menurut buku ini, yaitu:
  1. Pengalaman dan kegiatan belajar siswa sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa MI/SD.
  2. Kegiatan belajar menjadi lebih bermakna untuk siswa.
  3. Membantu mengembangkan keterampilan  berpikir siswa.
  4. Menyajikan pembelajaran sesuai permasalahan yang sering dialami siswa di kehidupan sehari-hari.
  5. Keterampilan sosial siswa seperti kerja sama, toleransi, dan komunikasi menjadi berkembang.
  6. Bersifat luwes, artinya pembelajaran terpadu memberikan hasil yang dapat berkembang sesuai minat dan perkembangan siswa.




Sedangkan kekurangan Pembelajaran Tematik diantarnya:

  1. Keterbatasan pada aspek guru, dibutuhkan guru yang berwawasan besar, percaya diri dan berani untuk terus mencoba dan mengembangkan materi.
  2. Keterbatasan pada aspek siswa, Pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar siswa yang baik (kemampuan akademik dan kreativitas).
  3. Keterbatasan pada aspek sarana dan sumber belajar, karena dalam pembelajaran tematik diperlukan sumber belajar yang melimpah dan bervariasi.
  4. Keterbatasan pada aspek kurikulum, harus berorientasi pada penerapan ketuntasan pemahaman siswa.
  5. Keterbatasan pada aspek penilaian, pembelajaran tematik memerlukan penilaian yang menyeluruh.
  6. Keterbatasan pada aspek suasana belajar, cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan hilangnya bidang kajian lainnya sesuai dengan pemahaman, selara, dan latar belakang pendidikan guru tersebut.



Baca Juga : Makalah tentang "Makalah Pembelajaran Tematik SD/MI Lengkap

Karakteristik Pembelajaran tematik

Terdapat 10 karakteristik pembelajaran tematik yaitu:
  1. Berpusat pada siswa.
  2. Menekankan pemahaman dan kebermaknaan dalam belajar.
  3. Memberikan pengalaman langsung.
  4. Lebih memprihatinkan pada proses belajar bukan hasil.
  5. Muatan pelajaran saling berkaitan.
  6. Pemisahan aspek tidak begitu jelas.
  7. Menyajikan konsep dari berbagai aspek.
  8. Fleksibel.
  9. Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.
  10. Prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan.

Analisis Pembelajaran Tematik
Analisis ini bertujuan melakukan penjabaran secara mendalam untuk memahami hubungan antar bagian di dalamnya sehingga diperoleh pemahaman yang tepat da menyeluruh. Kegiatan meliputi proses-proses kognitif yang terdiri dari membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusikan.

Baca juga tulisan menarik lainnya di irfan.my.id 


SumberPrastowo, Andi. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana. 2019.

Bukunya bisa kamu beli di toko buku langgananmu ya, atau bisa membacanya di aplikasi ipusnas gratis. Yuk membaca bukunya :)